Jumat, 18 Januari 2013



1.Masalah Etika yang muncul dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi,Beserta contohnya dan Gambar 

Di dalam dunia pendidikan serta di masyarakat Etika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari kebaikan dan keburukan dalam hidup manusia khususnya perbuatan manusia yang didorong oleh kehendak dengan didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan.Etika juga merupakan suatu cabang ilmu filsafat. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa etika adalah disiplin yang mempelajari tentang baik atau buruk sikap dan tingkah laku serta  tindakan seorang  manusia.Etika merupakan bagian filosofis yang berhubungan erat dengan nilai sikap seorang manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah benar atau salah suatu tindakan itu, dan bagai mana penyelesaian yang  baik atau tidaknya di sebuah masalah yang di hadapi,
Menurut bahasa, Etik diartikan sebagai:Ethos (Yunani ),yang artinya kebiasaan atau tingkah laku kemudian Ethis (Inggris),tingkah laku atau prilaku seorang manusia yang baik atau tindak,yang harus dilaksanakan oleh seorang manusia sesuai dengan moral yang berlaku Sedangkan dalam konteks lain secara luas dijelaskan bahwa etika adalah sebuah penerapan dari suatu kegiatan dan teori filsafat moral terhadap kenyataan yang sebenarnya. Hal ini berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar dan konsep yang membimbing makhluk hidup dalam berpikir dan bertindak serta dalam menekankan nilai-nilai.Nilai adalah sesuatu hal yang baik yang selalu diinginkan, dicita-citakan dan dianggap penting untuk dicapai oleh setiap manusia sebagai anggota masyarakat.
Dalam Sistematika Etika,Etika sebagai suatu ilmu maka Etika terdiri atas etika deskriptif dan etika normatif.
1.Etika deskriptif.Etika deskriptif merupakan suatu etika yang memberikan gambaran dan ilustrasi serta lukisan  tentang tingkah laku seorang manusia yang ditinjau dan di lihat dari nilai baik dan buruk tingkah laku serta hal-ha mana yang boleh dilakukan sesuai dengan norma,etika dan moral yang berlaku di masyarakat.
2.Etika Normatif.membahas dan mengkaji serta mempelajari ukuran baik dan buruk tindakan seorang manusia, yang biasanya dikelompokkan menjadi :
a.Etika umum;etika umum merupakan etika yang membahas berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi seorang manusia untuk bertindak sesuai dengan etika,moral,norma yang berlaku dalam mengambil suatu keputusan berdasarkan sikap dan tingkah laku seseorang yang dilandasi oleh ahlak yang baik.
b.Etika khusus;etika khusus terdiri dari Etika sosial, Etika individu dan Etika Terapan.
Etika sosial mengajarkan suatu tanggungjawab seseorang manusia dalam lingkungan sosial danhubungan antarsesama manusia dalam aktivitasnya sehari-hari.
Etika individu lebih mengajarkan dan mengarah pada kewajiban-kewajiban serta tanggung jawab seorang manusia dalam bertingkah laku.


Etika terapan
Etika terapan adalah suatu etika yang diterapkan pada profesi.contoh pada tahun 2001 ditetapkan oleh MPR-RI dengan ketetapanMPR-RI No.VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Bangsa,Etika kehidupan bangsa bersumber pada agama yang universal dan nilai-nilai luhur budaya bangsa yaitu Pancasila.Etika kehidupan berbangsa meliputi: Etika Sosial Budaya, Etika Politik danPemerintahan, Etika Ekonomi dan Bisnis, Etika Penegakkan Hukumyang Berkeadilan, Etika Keilmuan, Etika Lingkungan, Etika Kedokterandan Etika Kebidanan.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Istilah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan pembelajaran di dunia pendidikan . Sekalipun sudah sering digunakan, namun tampaknya masih terjadi kesalah pahaman mengenai istilah TIK. Bahkan ada sebagian orang yang pemahamannya berlebihan yang menyerupai TIK itu dengan komputer atau internet. Akibatnya setiap ada pembicaraan mengenai TIK, maka yang terlintas di dalam pemikiran orang  yang bersangkutan adalah komputer atau internet.Di lingkungan pendidikan atau pembelajaran, apabila ada topik pembicaraan mengenai TIK masih ada sebagian guru yang pemahamannya langsung mengarah atau terpusat pada komputer atau internet. Pemahaman yang demikian ini mengakibatkan bermacam-macam sikap para guru dalam penggunaan TIK untuk pembelajaran. Ada sebagian guru yang secara langsung menjelaskan bahwa belum saatnya dilakukan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran. Penyampaian pendapat ini disertai dengan jumlah argumentasi pembenaran terhadap pendapat atau sikap mereka. Tetapi ada juga sebagian guru yang sudah mulai memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran. Perbedaan pendapat atau sikap guru ini dapat saja diakibatkan oleh perbedan pemahaman serta pengertian  mereka mengenai TIK itu sendiri.
Etika dalam Penggunaan TIK.Pengertian Etika Dalam penggunaan TIK Etika (ethic) bermakna sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dan berkaitan dengan akhlak, tata cara adat, sopan santun dan bertingkah laku  mengenai benar salah tentang hak dan kewajiban yang di anut oleh suatu golongan atau masyarakat .TIK dalam bentuk  yang lebih luas,merangkum semua aspek yang berhubungan dengan mesin seperti computer dan telekomunikasi dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan, meyimpam, memalsukan,menghantarkan dan menampilkan suatu bentuk informasi.komputer yang mengendalikan semua bentuk ide dan informasi serta memegang  peranan penting dalam pengumpulan,penyimpanan dan penyebaran informasi suara, gambar, teks dan angka yang berasaskan mikroelektronik. Teknologi   menggabungkan bidang teknologi seperti komputer,telekomunikasi dan elektronik dan bidang informasi seperti data,fakta dan proses tujuan teknologi informasi membantu manusia untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan kreatifitas, membuat manusia lebih berkaria jika tanpa menggunakan teknologi informasi maka aktifitsas yang di lakukan setiap harinya akan kurang memuaskan.
Etika dalam penggunaan TIK dalam beberapa aspek TIK  berkaitan erat dengan etika profesi, keterkaitan  tersebut terutama dalam memahami dan menghormati budaya kerja yang ada, memahami profesi dan jabatan, memahami peraturan perusahaan dan organisasi, dan memahami hukum .Dalam etika profesi hal yang harus di pahami iyalah  kode etik dalam bidang TIK. Terkait dengan bidang hukum, maka dalam penggunaannya harus sesua dengan  undang–undang yang membahas tentang HAKI (hak atas kekayaan intelektual) dan pasal–pasal   yang membahas hal tersebut. Hukum Hak cipta Bertujuan untuk melindungi hak pembuat dalam mendistribusikan, menjual, atau membuat turunan dari karya tersebut dari penjiplakan yang di lakukan oleh orang lain. Pelindungan yang di dapat oleh pembuat adalah perlindungan terhadap penjiplakan oleh orang lain.  
Etika TIK dalam Pendidikan.Dunia pendidikan tidak terlepas dari epek samping etika dalam penggunaan TIK karena dalam dunia pendidikan sebagai lembaga kedua terbesar dalam penggunaan aplikasi TIK setelah dunia bisnis dan hiburan.Dunia pendidikan sebagai sumber etika dan penjaga moral,pokok etika dan moral dalam dunia pendidikan berpusat pada pendidikan karna pendidikan digunakan  untuk mengantarkan manusia menuju peradaban yang lebih baik dan maju. Perkembangan informasi yang sekarang begitu pesat memerlukan sentuhan etika dan moral karena penyalahgunaan teknologi informasi (internet) akan mengakibatkan kerugian yang besar melebihi kerugian materi. Dari hal diatas dunia pendidikan harus memberi contoh yang baik dalam mendidik dan mensosialisasikan penggunaan hukum dan aturan yang telah ditetapkan serta menghormati HAKI dalam menghadapi akses informasi tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan perlu pandai meyimak serta memperoleh informasi yang berkualitas dari sebuah teknologi yang saat ini mendunia.
Pelanggaran Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi,Di dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi,(dunia maya) memang rentang dengan kejahatan bahkan  kejahatan yang dilakukan menggunakan internet ini tidak mengenal wilayah ataupun suatu negara.
Beberapa contoh jenis pelanggaran atau kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita lihat dan ketahui melalui;
1.      Hacking. Kejahatan ini berupa kegiatan menjebol atau membobol sistem keamanan komputer orang lain dengan berbagai tujuan yang di inginkannya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan apabila pelaku dan korban berada di dalam satu jaringan. Jaringan ini dapat berupa local area network (LAN) ataupun internet.

2.      Cracking. Kejahatan ini dilakukan dengan membajak sistem keamanan korban untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Keuntungan pribadi tersebut dapat berupa password kartu kredit, data perusahaan, dan penggunaan identitas orang lain untuk tujuan tertentu. Pelaku cracking disebut Cracker (criminal minded Hacker).

3.      Political hacking. Kejahatan ini berupa kegiatan membajak suatu situs atau web yang bertujuan politis. Bentuk umumnya berupa pembajakan sistem keamanan situs yang dituju dan membuat pernyataan yang menyudutkan korban. Karena bertujuan politis, political Hacker umumnya berkutat sekitar tokoh politik atau partai tertentu.
4.      Denial of service attack (DoS). Kejahatan dalam bentuk ini dilakukan dengan mengirimkan data yang sangat besar pada suatu situs tertentu. Yang tujuannya untuk membuat lambat atau berhenti sama sekali situs yang dituju. Jika mengalami DoS berlebih, situs ini tidak dapat diakses lagi.


5.      Penyebaran virus. Umumnya virus yang disebarkan mempunyai kemampuan menperbayak diri. Kerugian yang akan ditimbulkan dari kegiatan tersebut tergantung pada jenis virus. Apabila virus bersifat temporer, akibatnya tidak akan begitu merugikan. Namun, apabila virus tersebut merusak sistem komputer, akibatnya sangat merugikan. Karena mudah berpindah melalui media penyimpanan data.

6.      Fraud. Kejahatan ini memalsukan informasi, khususnya informasi tentang keuangan dengan tujuan mengeruk keuntungan untuk keperluan pribadi.
7.      Phising. Teknik kejahatan ini mencari informasi berupa alamat surat elektronik seperti e-mail dan nomor account dengan mengirimkan e-mail yang seolah-olah datang dari bank tertentu untuk mengerut keuntungan pribadi atau individu.
8.      Perjudian. Kegiatan berjudi ini menggunakan media internet. Kegiatan tersebut dapat merugikan pribadi atau negara. Salah satu kerugiannya berupa praktik pencucian uang.

9.      Cyber stalking. Kejahatan ini berupa tindakan pengiriman e-mail yang tidak diinginkan si penerima. Umumnya, e-mail yang dikirim berupa paksaan atau ancaman,teror terhadap korban atau penerima e-mail.
10.  Piracy. Kegiatan ini dilakukan dengan membajak hak cipta orang lain sehingga menghilangkan potensi pendapatan perusahaan atau si pembuat. Dari sepuluh contoh bentuk pelanggaran atau kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, pelanggaran hak cipta (pembajakan) paling banyak terjadi di Indonesia.

Peraturan atau undang-undang beserta sanksi terhadap beberapa jenis pelanggaran telah ditetapkan di dalam Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2002 Pasal 2. Undang-undang ini mengatur perlindungan hak cipta hingga mencantumkan sanksi bagi pelanggar hak cipta Undang-undang yang lain menyangkut sanksi bagi tindakan yang melanggar aturan penggunaan komputer seperti hacking, cracking, dan sebagainya. Undang-undang ini disebut Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sebagian masyarakat menyebut Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 ini sebagai undang-undang cyber crime atau undang-undang tentang kejahatan di dunia maya.



2.Contoh kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk komputer dalam ekonomi,Beserta contoh dan gambar.

Di bidang ekonomi baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris dan sebagainya.

Melalui teknologi komputer ini,para manajer dapat membangun Sistem Informasi  yang secara otomatis dapat dipergunakan untuk mengakses informasi terakhir seperti penjualan dan persediaan bahan baku atau barang jadi.Dan melalui eksplorasi internet yang tiada henti,telah dikembangkan suatu layanan bisnis secara elektoronik memungkinkan organisasi untuk melakukan kegiatan perekonomian seperti pemasaran,promosi dan transaksi secara online  selama 24 jam penuh.
Perubahan pola belanja,dari pergi ke pasar menjadi pergi ke komputer.pergi kepasar dapat dilakukan oleh siapa saja.Namun untuk belanja melalui komputer tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang,sedikitnya mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan komputer meskipun jarak jangkau pasar tidak terbatas,tetapi jumlah konsumen yang dapat mengakses tetap terbatas.
Perubahan pola pemilihan barang,dari pola memegang dan memilih produk secara langsung menjadi berbelanja lewat katalog elektoronik.perubahan itu akan sangat mempengaruhi lahirnya kepercayaan konsumen yang merupakan syarat dasar terjadinya transaksi dari pola uang ada barang menjadi ada uang barang dikirim.Hal ini juga menumbuhkan keraguan bagi konsumen dimana produk yang dibeli tidak dapat langsung dikonsumsi oleh konsumen,karena barang baru diperoleh beberapa hari kemudian melalui jasa pengiriman produk.
Kegiatan belanja kepasar telah bergeser menjadi belanja melalui komputer. Hal ini telah merubah pemahaman dasar masyarakat tentang pasar.pergi kepasar secara umum dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun untuk belanja melalui komputer tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang,sedikitnya mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan alat tersebut.pola pemilihan barang juga bergeser.dari pola memegang produk menjadi melihat katalog elektoronik.pebisnis harus menyadari dengan baik,bahwa dalam sistem tradisional,konsumen dapat langsung memilih produk yang akan dibelinya.

Sementara itu,kalangan perbankan telah melahirkan produk-produk jasa yang variatif dengan tumpuan sistem informasi yang modern antara lain.E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui perangkat pintar elektronik seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
Berikut saluran e-Banking yang telah diterapkandi  bank-bank Indonesia sebagai berikut:


1.      ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri, ini adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur semakin bertambah dan memungkinkan untuk melakukan pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin ATM, kartu ATM dapat pula digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang, belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang, yang dikenal pula sebagai Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya.

http://kabarit.com/wp-content/uploads/2010/01/atm.jpg


2.      Phone Banking, ini adalah saluran yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank via telepon. Pada awalnya lazim diakses melalui telepon rumah, namun seiring dengan makin populernya telepon genggam atau HP, maka tersedia pula nomor akses khusus via HP bertarif panggilan flat dari manapun nasabah berada. Pada awalnya, layanan Phone Banking hanya bersifat informasi yaitu untuk informasi jasa atau produk bank dan informasi saldo rekening serta dilayani oleh Customer Service Operator CSO. Namun profilnya kemudian berkembang untuk transaksi pemindahbukuan antar rekening,pembayaran kartu kredit, listrik, dan telepon dengan pembelian voucher dan tiket, dan transfer ke bank lain; serta dilayani oleh Interactive Voice Response (IVR). Fasilitas ini boleh dibilang lebih praktis ketimbang ATM untuk transaksi non tunai, karena cukup dengan menggunakan telepon genggam atau HP di manapun kita berada, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain.

http://workon9.com/wp-content/uploads/2010/07/phone-banking1.jpg



3. Internet Banking, ini termasuk saluran teranyar e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan computer,PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa atau produk bank, informasi saldo rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran kartu kredit, listrik, dan telepon dengan pembelian  voucher dan tiket dan transfer ke bank lain. Kelebihan dari saluran ini adalah kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap tertampang di layar computer,PC atau PDA.

http://2.bp.blogspot.com/-xw0RW5JEfT4/UK2aZ5SEjUI/AAAAAAAABk8/7MfO2UCsKHc/s1600/internet+banking+m+token+mandiri+token+key+bca+bni.jpg



3.      SMS atau m-Banking, saluran ini pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran kartu kredit, listrik, dan telepon dan pembelian voucher. Untuk transaksi lainnya pada dasarnya dapat pula dilakukan, namun tergantung pada akses yang dapat diberikan bank. Saluran ini sebenarnya termasuk praktis namun dalam prakteknya agak merepotkan karena nasabah harus menghapal kode-kode transaksi dalam pengetikan sms, kecuali pada bank yang melakukan kerjasama dengan operator seluler, menyediakan akses banking menu – Sim Tool Kit (STK) pada simcardnya.

http://www.kistbank.com/assets/upload/images/sms_banking_img.gif


  
Electronic Banking (e-banking) merupakan suatu aktifitas layanan perbankan yang menggabungkan antara sistem informasi dan teknologi, e-banking meliputi phone banking, mobile banking, dan internet banking. Fungsi penggunaannya mirip dengan mesin ATM dimana sarananya saja yang berbeda, seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan saldo rekening, transfer dana antar rekening atau antar bank, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti: listrik, telepon, kartu kredit, dll. Dengan memanfaatkan e-banking banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah terutama apabila dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah memiliki sarana pendukung untuk melakukan layanan e-banking tersebut.Seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke situs web dimana terdapat fasilitas e-banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan melakukan aktifitas perbankan melalui situs web bank bersangkutan. Sebenarnya e-banking bukan barang baru di internet, tapi di Indonesia sendiri baru beberapa tahun belakangan ini marak diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. Konon ini berkaitan dengan keamanan nasabah yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank disamping masalah infrastruktur bank bersangkutan.

Keamanan memang merupakan isu utama dalam e-banking karena sebagaimana kegiatan lainnya di internet, transaksi perbankan di internet juga rawan terhadap pengintaian dan penyalahgunaan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.Sebuah situs e-banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak. Salah satu teknik pengamanan yang sering dugunakan dalam e-banking adalah melalui SSL (Secure Socket Layer) maupun lewat protokol HTTPS (Secure HTTP).


http://3.bp.blogspot.com/-7NfN4o-nTHk/UHspuFZ9FmI/AAAAAAAAAlw/QUwAkBD9hd0/s1600/eBankingflow2009.jpg
Perkembangan tersebut memberi pengaruh terhadap berbagai bidang. Tuntutan penggunaaan teknologi tersebut akan memberi dampak buruk khususnya bagi tenaga kerja yang tidak dapat secara cepat menguasai teknologi ,namun juga memberi dampak positif seperti terciptanya lapangan kerja baru.memang lapangan kerja yang baru itu memilki tuntutan baru khususnya penguasaan terhadap teknologi informasi.bagi tenaga kerja yang tidak memiliki keterampilan teknologi informasi akan tergusur dengan sendirinya,karena teknologi informasi akan menjadi alat bantu utama dalam menyelesaikan pekerjaan dalam volume yang besar,tuntutan keakrutan yang signifikan,serta kecepatan dalam proses dan distribusi yang tinggi.
Berikut contoh penggunaan khususnya komputer dalam bidang ekonomi:
1.Bidang Manajemen
Tuntutan akan adanya mobile transaction system,management information system,decision support system serta executive support system telah mendorong lahirnya tuntutan baru bagi para calon tenaga kerja,yaitu tuntutan keterampilan dalam mengoperasikan teknologi informasi,mengolah data dan menganalisa hasil.

Link:http://asalkamutahuaja.blogspot.com/2012/10/manfaat-dan-kegunaan-teknologi.html


2. Bidang teknik
Kini semakin dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan teknis teknologi informasi,karena kebutuhan akan pemeliharaan,perbaikan,instalasi,up grade dan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi semakin meningkat.
              

3.Bidang Jasa Konsultan
Kehadiran jasa konsultan dalam bidang teknologi  informasi ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi para pengambil keputusan dengan pertimbangan-pertimbangan yang rasional dan logis dalam rangka pembangunan dan pengembangan teknologi informasi tersebut.

4.Bidang pendidikan
Dalam rangka menciptakan link anda match antara dunia pendidikan dan dunia kerja,maka lembaga pendidikan tidak dapat mengelak dari tuntutan akan adanya pendidikan dan pelatihan teknologi informasi tersebut.Oleh karena itu akan lahir kebutuhan akan laboratirium,guru dan kurikulum yang memiliki standar kualitas yang baik.
Link:http://amix0111moy2.files.wordpress.com/2010/11/lab-komputer-pendidikan.jpg
5.Bidang Arsitektur dan Sipil
Analisa struktur dan perancangan bangunan yang tidak mungkin lagi dilakukan secara manual,mengingat struktur bangunan kini telah mencapai ketinggian 140 tingkat dengan ukuran luasan yang mencapai hasil areal berhektar-hektar.Oleh karena itu sangat dibutuhkan teknologi informasi sebagai alat bantu untuk mempercepat proses analisa struktur dan perancangan dalam rangka pembangunan ekonomi.
6.Bidang Grafika dan multimedia
Kini analisa struktur geografi dan bidang media lainnya semakin berkembang.Kebutuhan untuk mengenali struktur bumi untuk mengeskplorasi kekayaan alam telah semakin mendesak. Oleh karena itu untuk meningkatkan efisiensi kerja eksplorasi tersebut maka dibutuhkan analisa struktur geografi secara cermat dan cepat dengan memanfaatkan fasilitas grafika komputer untuk memenuhi kebutuhan grafis lainnya,para ahli telah mengembangkan fasilitas multimedia,yang memungkinkan  proses visualisasi secara lengkap dan menjadi lebih hidup.

7.Bidang usaha lainnya
Sekarang banyak bermunculan yang merupakan akibat dari perkembangan teknologi informasi tersebut antara lain Warung Internet,Kursus komputer,Penjualan dan Pembelian Komputer,Penjualan CD room serta bikin perusahaan penerbitan buku maupun majalah.



1 komentar:

  1. Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
     Berhati-hatilah, sebagian besar disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri di sebuah sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
    - Penjualan kartu ATM kosong.
    - Universitas atau sekolah nilai berubah
    - Rekening Bank hack dan transfer dana
    - Menghapus catatan kriminal hack
    - Facebook hack, Twitters hack
    - Account email hack, gmail, yahoomail, hotmail dll
    - Hack Skype
    - Database hack
    - Word Press Blog hack
    - Komputer Individu hack
    - Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
    - Verified Paypal Account hack
    - Android & iPhone Hack dll
    - Penjualan dan pasokan software Hacking.
    Tapi mereka membantu saya;
    - Berubah nilai sekolah saya
    - Hacked saya kecurangan ass email pacar facebook
    - Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan saya dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum saya membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
    Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu Anda. mereka LAYAK PUBLISITAS saya ..

    BalasHapus